Senin, 21 Maret 2016

Jurnal Refleksi Minggu ke-4 dan ke-5 Test Construction




Try Out Tes Prestasi dan Tabulasi Data

          Hallo Semua! Saya Silvia, 19tahun :)  Saya adalah mahasiswi universitas Ciputra Surabaya dengan jurusan Psikologi angkatan 2014.. Salam kenal yah semua. 18 Maret 2016 merupakan pertemuan keempat dan kelima mata kuliah Test Construction yang dibawakan oleh pak Nur Agustinus dan bu Theda. Keadaan kelas minggu ini cukup kondusif dan kami dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik.
          Hari ini kondisi kelas sangat sibuk karena setiap mahasiswa membawa 30 lembar fotokopian soal try out yang akan saling dibagikan ke temen-temen kelas, harapannya ialah setelah temen-teman mengisi lembaran jawaban yang disebarkan, hasilnya akan melewati tabulasi data untuk memeahami beberapa hal. Sehingga kelas sangat sibuk mengertakan soal-soal dari teman lain. soal try our berisi 25 soal berbentuk pilihan ganda, dimana soal-soal ini mencakup pemahaman umum mengenai psikologi umum, psikologi sosial, psikologi kepribadian, biopsikologi, dan seputar materi psikologi yang sudah pernah dipelajari sebelumnya.

          Selain itu saya juga mempelajari bahwa terdapat beberapa langkah-langkah perencanan dan penyusunan tes prestasi belajar, yaitu :
1. Identifikasi tujuan dan kawasan ukur
2. Penguraian komponen isi
3. Batasan perilaku dan komponen isi
4. Tabel Spesifikasi
5. Penulisan aitem
6. Ujicoba awal
7. Analisis aitem
8. Perakitan tes dan penyusunan instruksi
9. Pengujian Reabilitas
10. Tes siap pakai.
Hal-hal inilah yang kami pelajari pada minggu ini, dan kami saling menunggu jawaban/ hasil dari tes tryout yang dikerjakan oleh temen-teman. Setelah terkumpul, maka akan dilanjutkan dengan proses tabulasi data. Demikian yang dapat saya bagikan pada minggu ini, atas perhatianya saya ucapkan terima kasih dan semoga bermanfaaat. 

          Best Quotes: When life give you a hundred reasons to cry, show life that you have a thousand reasons to smile..

Sekian dan Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar