Senin, 17 Agustus 2015

Jurnal Refleksi Minggu 1 Biopsychology


The Will to Win

Hallo Semua! :D Saya Silvia, 18tahun. Saya adalah mahasiswi universitas Ciputra Surabaya dengan jurusan Psikologi angkatan 2014.. Salam kenal yah semua ! :) 
 
13 Agustus 2015 merupakan kelas pertama kami pada mata kuliah Biopsychology yang dibawakan oleh pak Nur Agustinus. Hari ini terasa sangat menyenangkan, diawali dengan perkenalan, penjelasan kontrak perkuliahan, dan dilanjutkan dengan berbagai informasi yang dimuat dalam sebuah video menarik berjudul “Human Instincts – The Will to Win”. Dari video ini, saya mendapat berbagai informasi menarik yang tidak saya ketahui sebelumnya dan tentunya juga tidak saya sadari, bahwa sepanjang kehidupan manusia, kita memiliki naluri untuk menjadi yang terdepan karena kita merupakan keturunan panjang dari para nenek moyang yang memberikan kita warisan naluri untuk bersaing dan menang. Dari usia yang sangat dini, balita misalnya, kita sudah dapat melihat adanya persaingan disana. Ketika seorang balita sedang bermain dengan mainan “krincing” miliknya, maka temannya akan mencoba mengambil dan merebut krincing itu, dan akhirnya mereka berlomba untuk saling menarik dan menentukan pemenang, satu diantara mereka yang tidak berhasil merebut krincing ini akan menangis dan berteriak sebagai bentuk kekalahan, sedangkan yang mendapatkan mainan ini akan diam dan tersenyum. Inilah contoh bahwa manusia memiliki naluri untuk bersaing dan menjadi pemenang. Masih menyangkut anak-anak, terdapat sebuah pertanyaan, mengapa anak kecil suka memasukan barang asing yang mereka tidak tahu kedalam mulut? Jawaban yang tepat selain menjelaskan bahwa keberadaan mereka pada fase oral, anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar dan mendalam pada sesuatu yang mereka belum ketahui. Hari ini saya sebagai anak bungsu didalam keluarga juga baru menyadari bahwa terdapat perbedaan sifat antara anak bungsu dan anak sulung dalam bermain dan mencari perhatian. Dengan percobaan pada video permainan anak sulung dengan ibunya, dan anak bungsu yang sengaja tidak dihiraukan dapat kita ketahui bahwa anak bungsu suka memberontak, iri dan mengacau permainan kakaknya, juga menginginkan perhatian lebih dari ibunya, sedangkan anak sulung lebih focus bermain dengan aturan dan mencari perhatian ibunya dengan sikap-sikap manis dan baik. Selain kehidupan anak, saya juga mempelajari perbedaaan antara manusia dengan hewan dalam sex, bedanya adalah hewan memiliki musim kawin tertentu, sedangkan manusia tidak. Manusia dapat menentukan kapan saja ia mampu berhubungan sex sehingga membuat pertumbuhan semakin banyak. Hari ini saya mempelajari bahwa setiap makhluk hidup memiliki naluri untuk menjadi yang utama dan menjadi pemenang. Ketika kita menang akan muncul perasaan bahagia dan memicu sebuah hormone rasa senang, yaitu “Endorphine” alami yang terdapat dalam diri manusia. Ketika jumlah endorphine banyak dalam tubuh, kita tidak akan merasa sakit atau mampu meredam rasa sakit, sedangkan ketika endorphine sedikit, kita akan sering merasa sakit dan berpengaruh pada adrenalin.
 


Selanjutnya, saya ingin membagikan informasi yang sangat berguna bagi kita mengenai hormon yang ada di dalam tubuh kita serta bagaimana fungsinya. Beberapa hal ini merupakan kata kunci yang diberikan oleh Pak Nur Agustinus yang diharapkan mampu menambah wawasan kita dan mengajak kita belajar lebih jauh mengenai istilah-istilah berikut. Bagi saya pribadi, hal ini sangat sangat bermanfaat dan materi minggu ini banyak memberi saya informasi menarik serta tugas-tugas yang membuat saya belajar banyak hal, dari tugas maupun materi yang disampaikan membuat saya lebih paham mengenai goal/tujuan dari mata kuliah biopsychology ini.  Selamat membaca :)

1.      Endorphin:
·          Adalah sebuah hormone yang di hasilkan oleh tubuh manusia yang memberikan   rangsangan kepada otak dengan sensasi kebahagiaan,kenyamanan dan cinta.
·         Untuk memnghasilkan hormon ini cukup dengan tertawa. Hormone ini akan merangsang syaraf otak dan memberikan sensasi senang.

2.     Dopamine:
·          Suatu neutrotransmitter yang terbentuk di otak dan organ tubuh lain yang membantu  mengontrol pusat kepuasan dan kesenangan di otak.
·         Dompamine juga membantu mengatur tindakan dan tanggapan emosional. Sehingga memungkinkan kita untuk tidak hanya mengapresiasikan penghargaan, tetapi juga mengambil tindakan untuk meraihnya

3.     Amygdala:
·         Sekelompok saraf yang berbentuk seperti kacang almond,merupakan bagian otak yang berperan dalam melakukan pengolahan dan ingatan terhadap reaksi emosi
·         Amygdala juga berperan dalam mengolah/merespon emosi yang kita dapat/diterima dari orang lain. Amygdala akan membantu kita untuk memahami ekspresi dari orang yang kita hadapi.

4.    Hypo campus:
·         Adalah bagian dari sistem yang memenrintah banyak fungsi tubuh yang terletak di Lobus temporal medial otak. Hippocampus berperan untuk jangka panjang “deklaratif” memori.

5.     Cortisol:
·         Hormone yang di buat oleh dua kelenjar adrenal untuk membantu menjaga tekanan darah,fungsi kekebalan tubuh dan proses anti inflamasi tubuh.

6.    Adrenalin:
·         Adalah hormone meningkatkan detak jantung. Yang biasanya di keluarkan saat tubuh stress.fungsi utamanya meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan otot.

7.     Melatonin:
·         Hormone yang berfungsi sebagai anti oksidan dan mengontrol tidur
·         Melatonin juga mencegah penuaan dini dan mengatur jam tidur

8.     Otak Besar:
·         Otak besar merupakan pusat saraf utama, karena memiliki fungsi yang sangat penting dalam pengaturan semua aktifitas tubuh,khususnya berkaitan dengan kepandaian (intelegasi),ingatan (memori), kesadaran,dan pertimbangan.


Thankyou for your attention



Tidak ada komentar:

Posting Komentar