Kamis, 10 September 2015

Jurnal Refleksi Minggu Ke-5 Biopsychology



Design for Aging

Hallo semua!  Saya Silvia, 18 tahun. Saya adalah mahasiswi universitas Ciputra Surabaya dengan jurusan Psikologi angkatan 2014.. Salam kenal yah semua! :D

10 September 2015 merupakan minggu kelima perkuliahan saya pada mata kuliah Biopsikologi di semester 3 yang dibawakan oleh Pak Nur Agustinus. Hari ini kami mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan otak orang usia lanjut. Hari ini saya merasa materi sangat menarik, mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan penuaan, sekilah saya langsung teringat kepada orang tua dan nenek saya dan berniat memahami materi ini dengan baik Hari ini pembelajaran kami awali dengan  materi yang disampaikan oleh bapak Nur mengenai Design for Aging. Hari ini kami tidak melakukan presentasi kelas mengenai 5 kata kunci yang menurut kelompok saya sangat menarik untuk di bahas. Kami menemukan 5 kata kunci ini dari film “The Secret Life of Brain: Episode 4: The Aging Brain”, lalu kami mencari penjelasan/referensi dari kata kunci ini dan membahasnya saat presentasi. Saya mengambil kata kunci tentang “Penuaan”



Menua (menjadi tua) adalah suatu proses menghilangnya secara perlahan lahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri atau mengganti dan mempertahankan fungsi normalnya sehingga tidak dapat bertahan terhadap infeksi dan memperbaiki kerusakan yang diderita (Constantinides 1994). Aging atau penuaan bukan hanya proses menjadi tua. Penuaan adalah apa yang membuat “tua tidak sebaik baru” dan ketika laju kegagalan meningkat bersamaan dengan peningkatan usia, orang menjadi sakit, lemah, dan kadang sekarat (Gavrilov, 2004). Aging atau penuaan secara praktis dapat dilihat sebagai suatu penurunan fungsi biologik dari usia kronologik. Aging tidak dapat dihindarkan dan berjalan dengan kecepatan berbeda, tergantung dari susunan genetic seseorang, lingkungan dan gaya hidup, sehingga aging dapat terjadi lebih dini atau lambat tergantung kesehatan masing-masing individu (Fowler, 2003)

Tanda atau gejala proses menua kemunduran biologis terlihat sebagai gejala kemunduran fisik, diantaranya timbul garis-garis keriput di wajah, penglihatan dan pendengaran memburuk, mulut mulai mengendur, rambut mulai beruban, dan gerakan lambat dan mudah lelah.
Tanda terjadinya kemunduran kognitif, seperti menjadi pelupa, ingatan tidak berfungsi dengan baik, skor yang dicapai dalam tes intelegensia menjadi lebih rendah, dan tidak mudah menerima hal-hal atau ide-ide yang baru.

Sampai disini dulu yah teman-teman, semoga informasi-informasi yang dibagikan minggu ini dapat bermanfaat bagi kita semua.  Keep Fighting dan Do Your Best !

Thanks for your attention..






Tidak ada komentar:

Posting Komentar