Senin, 09 November 2015

Jurnal Refleksi Minggu Ke-13 Biopsychology



Tidur dan Gangguan Tidur

Hallo semua!  saya Silvia, 19 tahun. Saya adalah mahasiswi Universitas Ciputra Surabaya dengan jurusan Psikologi angkatan 2014.. Salam kenal yah semua.
5 November 2015 merupakan pertemuan ke-13 pada mata kuliah Biopsychology yang dibawakan oleh pak Nur Agustinus. Hari ini suasana kelas cukup kondusif dan kami cukup memahami materi yang disampaikan karena sangat jelas, materi ini sangat informative, dimana setelah mendapat informasi ini kita mampu memahami apa yang dimaksud dengan tidur, manfaat tidur dan juga gangguan-gangguan yang terjadi pada saat tidur.
Apakah tidur itu penting? Apa sebenarnya manfaat dan mengapa manusia membutuhkan bahkan membuang waktu hanya untuk tidur? Oke, dilihat dari pendapat beberapa ahli, Tidur didefinisikan sebagai suatu keadaan bawah sadar dimana seseorang masih dapat dibangunkan dengan pemberian rangsang sensorik atau dengan rangsang lainnya (Guyton & Hall, 1997). Menurut Potter & Perry (2005), Tidur merupakan proses fisiologis yang bersiklus bergantian dengan periode yang lebih lama dari keterjagaan. Bagaimana pandangan kalian terhadap tidur ? bagi saya, definisi tidur cukup sedehana, tidur=istirahat, menginstirahatkan diri dengan cara berhenti beraktifitas dalam beberapa waktu agar menjaga keseimbangan dan menjaga daya tahan tubuh. Setelah kita bangun dari tidur, tubuh terasa begitu segar, berenergi dan penus semangat dalam menjalani hari dan beraktifitas. Namun, ketika kita kurang tidur, keesokan harinya, terlihat dengan jelas keadaan seseorang lesu, lemas, tak berdaya bahkan hingga sakit. 


Tidur memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Seperti meningkatkan daya tahan tubuh, memori dan konsentrasi. Karena pada saat tidur pada malam hari, terjadi detoksifikasi tubuh, mekanisme itu berkaitan dengan diproduksinya antioksidan sebagai penetral toksin. Tidur dapat mencerahkan kulit, karena hal ini dapat membuat relaks pembuluh darah dan melancarkan aliran darah sehingga kulit terlihat lebih cerah. Dan yang terpenting ialah meningkatkan energi, setelah kita tidur, kita menjaga tubuh dan merasa tubuh kembali segar. Energi dan vitalitas dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. dan masih banyak lagi manfaat dari tidur. 



Apakah temen-temen pernah bermimpi ketika tidur? Adakah mimpi yang bisa kamu ingat ketika pagi hari? Atau bahkan tidak mengingatnya sama sekali? Mimpi adalah pengalaman alam bawah sadar yang melibatkan indera, pikiran, dan perasaan. Mimpi bisa menjadi sebuah cerita tidur yang menyenangkan dan menyedihkan tergantung dengan emosi pengalaman alam bawah sadar setiap orang.

Terdapat beberapa gangguan saat tidur, salah satunya Insomnia. Orang yang mengalami insomnia selalu merasa bahwa mereka tidak memiliki tidur yang cukup. Gejala insomnia berupa sulit untuk tertidur dan sering terbangun di tengah malam. Hal ini dapat menggangu konsentrasi di pagi hari. Lalu, mendengkur/mengorok. Mendengkur dapat menggangu dikarenakan suara yang dihasilkan tersebut. Selanjutnya Sleep Apnea. Gangguan tidur ini terjadi ketika sebagian saluran pernapasan bagian atas tersumbat, menghalangi proses pernapasan dalam waktu singkat, dan membuat seseorang terbangun dari tidurnya. Lalu, Narkolepsi (Narcolepsy) meruapakan gangguan tidur kronis, berupa rasa kantuk yang berlebihan di siang hari. Kemudian Parasomnia, seperti sleepwalking, mimpi buruk, mengigau, dll. 


Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih temen-temen.

Sekian dan Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar